Author: jeoaneway

Branding ?

No Comments

Branding?

Pertanyaan ini kerap muncul di benak orang yang mau usaha, sedang usaha, atau yang sedang usaha tapi agak macet. Sebagian bilang itu sama aja dengan promosi; sebagian lagi bilang, “Nggak perlu lah, ngapain, habis-habisin uang aja!”

 

Yah ada banyak pendapat orang mengenai branding. Banyak yang beranggapan produk yang utama daripada jasa. Sesuatu yang mewah, mahal ataupun berkelas.

 

Memangnya apa sih branding itu ?

 

Untuk menjawab pertanyaan di atas mari kita lihat ilustrasi di bawah ini.

Udin sedang mencari rumah Amir di daerah Sawojajar. Tahu sendiri guys, kalau daerah situ jalannya sulit, agak sedikit berlika-liku. Nama jalannya juga memakai nama danau. Setibanya Udin sampai di Sawojajar, telponlah Udin ke Amir.

 

Udin                : “Halo Mir, aku udah nyampai nih di jalan Danau Belayan 4. Rumahmu di Jalan Danau belayan 5. Itu sebelah mana yah kok aku nggak nemu?”

Amir                : “Lho… itu sudah dekat kok. Coba kamu cari pertigaan ketiga dari gapura Danau Belayan 4. Nah, waktu di pertigaan itu ada Bimbingan Belajar Ko Widjaya, itu kamu belok kiri terus lurus deh…. Nanti ketemu Danau belayan 5. Cari aja nomor H7-I7. Dekat kok, nanti aku keluar pagar rumah biar kamu bisa liat aku.”

Udin                : “Oh iya aku tadi ketemu bimbingan belajarnya. Tunggu yah, aku langsung cuz ke tempatmu.”

Maka udin dengan mudahnya menemukan rumah Amir.

 

Dari ilustrasi di atas dapat disimpulkan:

  • Di kota Malang, jalan Sawojajar itu identik dengan nama danau (jika saya menyebut lokasi dengan nama danau, maka itu adalah daerah sawojajar). Ini artinya daerah Sawojajar secara otomatis ter-branding dengan nama danau. Misalkan: Danau Toba, Danau belayan, Danau Sentani, dll).
  • Dari percakapan tersebut secara tidak langsung pak Amir sudah mempromosikan Bimbingan Belajar Ko Widjaya kepada pak Udin tanpa keluar biaya apapun. Mengapa bisa demikian? Karena bimbingan Belajar Ko Widjaya sudah ter-branding dengan sempurna di wilayah Danau Belayan Sawojajar. Pemilik Bimbingan Belajar tersebut mungkin tidak kenal dengan dengan pak Amir. Sebaliknya, Pak Amir mungkin tidak mengkursuskan anaknya di sana karena pak Amir masih bujangan. Namun, cara pem-brandingan yang bagus dari Bimbingan Belajar Ko Widjaya membuat dia semakin dikenal baik; bahkan tidak hanya dari aspek belajar saja namun juga aspek nama jalan

 

Dari hal tersebut di atas, maka janganlah heran jika seseorang haus dan cari minuman kemasan maka dia akan berkata, “Yuk cari Aqua yuk….”

 

Ketika seorang teman mau bepergian naik sepeda motor dia akan berkata kepada temannya cewek , “Eh naik hondaku aja, hondamu biar dipakai adikmu.” Padahal motornya itu Suzuki lho!

 

Satu lagi yang mengherankan:

KFC dan Mc Donald itu kalau diukur harganya sama ayam goreng kelas jalanan jelas lebih mahal mereka. Tapi kita lihat sendiri kalau gerai mereka laris, bahkan bisa jadi lebih laris dari yang pinggiran.

 

Ngopi yang keren itu di Starbuck yah, tapi kalau mau eksis abis di “Setar bak” juga oke.

 

Pizza apa hayo yang setiap hari ulang tahun? Jawabanya Pizza “HUT”. Makanya tidak heran kalau tiap kali orang nyebut Pizza pasti pikirannya ke Pizza “HUT” bukan ke PIZZA yang lain. Padahal kalau mau lebih hot kasih aja nama PIZZA “HOT”.Nah ilustrasi dan uraian di atas kiranya sudah cukup menjelaskan apakah itu Branding? Ya benar. Branding itu proses yang bisa membuat suatu produk dan jasa mempunyai kekuatan atau daya jual yang luar biasa. Siapapun orangnya dan bagaimanapun pintarnya orang namun kalau tidak mengenal Branding dan prosesnya maka akan sia sialah sumber daya yang dimilikinya

Maka pertanyaan selanjutnya adalah

 

 

Siapkah anda di Branding hari ini?

 

Categories: Ruang inspirasi